6.394 Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Demo Besok

Massa dari berbagai aksi buruh (ist)

Jakarta,Dekannews - Polda Metro Jaya telah menerima pemberitahuan terkait adanya aksi pada Hari Buruh Internasional (Mayday) yang digelar pada Sabtu (1/5/2021) besok. Terkait itu, ribuan personel disiagakan untuk pengamanan.

Ribuan personel gabungan itu akan mengamankan seluruh titik yang menggelar aksi buruh. Dia mengaku mendapat pemberitahuan unjuk rasa dilakukan di beberapa lokasi.

“Sebanyak 6.394 personel, kemungkinan masih akan bertambah lagi yang akan kita turunkan, gabungan TNI, Polri dan pemerintah daerah (pemda),” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (30/4/2021).

Dalam pemberitahuan, aksi buruh itu rencananya akan digelar mulai pagi hingga sore hari yang terpusat di tiga tempat yakni di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Mahkamah Konstitusi (MK), dan kantor ILO, Jakarta Pusat.

“Kami sudah sampaikan himbauan seperti patuhi protokol kesehatan ada aturan perundang-undangan, kami akan tegas melakukan penindakan apabila melanggar protokol kesehatan,” ungkap Yusri.

Yusri mengatakan pihak organisasi buruh seperti Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) mengajukan permintaan pelayanan rapid test antigen bagi peserta demo. Polda Metro Jaya memenuhi permintaan tersebut.

Menurut Yusri Polda Metro Jaya akan membentuk tim kesehatan untuk melayani para buruh. Pelayanan rapid test antigen akan dilakukan di titik kumpul para buruh sebelum melakukan demo.

Yusri berharap semua peserta unjuk rasa menjalani rapid test antigen. Peserta yang negatif covid-19 diperbolehkan ikut demo, sedangkan yang positif akan dirujuk ke rumah sakit darurat covid-19.

“Kalau perlu kami kawal, kami siapkan tim pengawalan dengan mematuhi protokol kesehatan,” ujar Yusri.(tfk)